Session 11 - User Documentation and Online Help
( Dokumentasi Pengguna dan Bantuan Online )
1. Paper versus Online Manuals
Paper manual meliputi :
- install panduan(Install manual)
- Singkat catatan mendapatkan-mulai(Brief getting-started notes)
- tutorial pengantar(Introductory tutorial)
- tutorial menyeluruh(Thorough tutorial)
- Detil manual referensi(Detailed reference manual)
- Kartu referensi cepat(Quick reference card)
- panduan conversation(Conversation manual)
Online manual meliputi :
- Online manual
- Online help
- Context-sensitive help
- Online tutorial
- Animated demonstration
- Guides
- FAQs
- Online communities, newsgroups, listservers, e-mail, chat, and instant messaging
Online manuals memiliki keunggulan dalam empat hal yaitu
secara fisik tidak banyak memakan tempat, mudah dinavigasikan, dapat memberikan
pengalaman yang interaktif pada user, dan secara ekonomi lebih hemat. Namun
online manuals juga memiliki beberapa kelemahan yaitu kecenderungan user yang
lebih suka membaca paper manuals, isi yang lebih sedikit, user interface yang
mungkin menghambat, kesulitan navigasi, dan kesulitan melihat online manuals.
Faktanya adalah bahwa orang - orang cenderung membaca 15% -
30% lebih lambat pada komputer dibandingkan membaca buku. Hal ini terutama
dipengaruhi oleh font yang digunakan, resolusi layar, batas karakter yang tidak
jelas, pencahayaan, pantulan, flicker pada layar, layout, dan hal - hal
lainnya. Manual biasanya dapat memperpendek waktu belajar user, meningkatkan
performa user, meningkatkan kepuasan user, dan mengurangi jumlah panggilan
untuk support. Dalam hal ini ada sesuatu yang dikenal sebagai "active user
paradox", yang merupakan kondisi dimana kebanyakan user memilih untuk
tidak membaca manual dengan lengkap sehingga mereka hanya mengetahui hal - hal
yang umum saja.
Berikut merupakan panduan dalam membuat suatu user manuall
oleh Carroll :
1. Pilih pendekatan aksi
2. Gunakan pekerjaan user sebagai panduan dalam mengorganisasikan
manual
3. Beri informasi mengenai pengenalan kesalahan dan recovery
4. Beri informasi untuk praktik dan pembelajaran lebih
lanjut
Hal - hal yang perlu diperhatikan untuk organisasi dan cara
penulisan manual :
1. Kalimat yang tepat dan sesuai dengan tujuan edukasi
2. Sajikan konsep dalam urut - urutan logis dan tingkat
kesulitan bertahap dari mudah ke sulit
3. Pastikan bahwa setiap konsep digunakan dalam bagian
berikutnya
4. Hindari referensi pada bab berikutnya
5. Buat jumlah bab sesuai dengan materi yang disajikan
6. Berikan contoh yang mencukupi
7. Perhatikan pilihan kata
8. Buat kerangka dulu untuk memastikan konsistensi dan
kualitas
9. Cara penulisan harus menyesuaikan dengan user
2. Online Manuals and Help
Berikut merupakan panduan dalam online help yang diajukan
oleh Kearsley :
1. Buat agar help system mudah diakses dan mudah untuk keluar
2. Buat help spesifik mungkin
3. Kumpulkan data untuk menentukan help apa yang paling diperlukan
4. Berikan user kontrol atas help system
5. Buat pesan help seakurat dan selengkap mungkin
6. Jangan gunakan help dengan tujuan untuk mengkompensasi interface yang buruk
Online manuals merupakan manual yang disediakan secara online. Dengan adanya online manuals user dapat dipermudah, karena ada fitur seperti multiple windows, text highlighting, warna, suara, animasi, dan fasilitas searching. Dalam membuat online manuals, daftar isi harus disediakan di salah satu sisi dan tetap terlihat selama fasilitas online manuals digunakan user.
Sementara itu online help lebih bersifat spesifik dengan tujuan tertentu. Selain itu user diharapkan mampu melakukan searching sendiri terhadap dokumen - dokumen online yang ditampilkan. Pada online help, kebanyakan memiliki wizard yang dapat merespons pada bahasa natural.
1. Buat agar help system mudah diakses dan mudah untuk keluar
2. Buat help spesifik mungkin
3. Kumpulkan data untuk menentukan help apa yang paling diperlukan
4. Berikan user kontrol atas help system
5. Buat pesan help seakurat dan selengkap mungkin
6. Jangan gunakan help dengan tujuan untuk mengkompensasi interface yang buruk
Online manuals merupakan manual yang disediakan secara online. Dengan adanya online manuals user dapat dipermudah, karena ada fitur seperti multiple windows, text highlighting, warna, suara, animasi, dan fasilitas searching. Dalam membuat online manuals, daftar isi harus disediakan di salah satu sisi dan tetap terlihat selama fasilitas online manuals digunakan user.
Sementara itu online help lebih bersifat spesifik dengan tujuan tertentu. Selain itu user diharapkan mampu melakukan searching sendiri terhadap dokumen - dokumen online yang ditampilkan. Pada online help, kebanyakan memiliki wizard yang dapat merespons pada bahasa natural.
Online manual and help |
3. Online Tutorials, Demonstrations, and Animations
Dengan adanya tutorial online, user dapat membaca tutorial
sekaligus materi yang diberikan. Selain itu user juga dapat bekerja sesuai
kecepatannya dan tanpa rasa malu jika membuat kesalahan selama tutorial
berlangsung. Demonstrations merupakan suatu demo yang memperlihatkan fitur -
fitur suatu produk. Hal ini dibuat dengan tujuan menarik minat potential user
dan membangun suatu product image yang positif. Biasanya didistribusikan lewat
internet dalam bentuk CD-ROM atau DVD.
4. Development Process Guidelines
Berikut merupakan panduan dalam proses pembuatan manual :
1. Gunakan copywriter professional
2. Siapkan dokumentasi jauh sebelumnya.
3. Buat dokumen panduan yang terintegrasi
4. Review draft terlebih dahulu
5. Lakukan uji lapangan terhadap versi awal
6. Berikan cara bagi user untuk memberikan feedback
7. Lakukan revisi secara berkala
1. Gunakan copywriter professional
2. Siapkan dokumentasi jauh sebelumnya.
3. Buat dokumen panduan yang terintegrasi
4. Review draft terlebih dahulu
5. Lakukan uji lapangan terhadap versi awal
6. Berikan cara bagi user untuk memberikan feedback
7. Lakukan revisi secara berkala
{ 0 komentar... read them below or add one }
Posting Komentar