Session 08 - Collaboration and Social Media Participation ( kolaborasi dan partisipasi sosial media )

Diposting oleh Unknown on Kamis, 19 Desember 2013

Session 08 - Collaboration and Social Media Participation
( kolaborasi dan partisipasi sosial media )

Introduction
- Karakteristik dan cotoh kolabirasi dan partisipasi media sosial
Interaksi Manusia Komputer


















Tujuan Kolaborasi
Tujuan dari manusia melakukan kolaborasi :
  • manusia bisa puas dan bisa meningkatkan tingkat produktivitas.
  • kolaborasi terjadi bisa karena murni maksud untuk mendapatkan sesuatu atau karena suatu tujuan    yang memiliki task yang spesifik
  • Mengetahui dan memahami proses serta strategi dari para partisipan dapat memfasilitasi kita  terhadap analisis dari berbagai variable yang ada dibawah di dalam berbagai situasi dalam suatu    sistem  kolaborasi antar muka :
  • Kemitraan terfokus: kerja sama antara dua pemakai yang saling membutuhkan untuk menyelesaikan tugas.
  • Kuliah atau demo. Seseorang membagikan informasi kepada banyak pemakai di tempat lain. Waktunya dijadualkan.
  • Konferensi. Komunikasi kelompok dengan tempat dan waktu yang berbeda
  • Proses kerja terstruktur. Orang yang peranannya berbeda bekerja sama dalam tugas yang berhubungan.
  • Electronic commerce. Kerja sama jangka pendek untuk mencari informasi dan memesan produk, dan jangka panjang untuk perjanjian atau kontrak bisnis.
  • Rapat dan dukungan keputusan. Rapat tatap muka menggunakan komputer dengan membuat kontribusi simultan.
  • Teledemokrasi. Pemerintah melakukan rapat jarak jauh, menampilkan komentar dewan, mencari konsensus melalui konferensi, debat, dan pemungutan suara online.
  • Komunitas Online
  • Kolaboratori
  • Telepresence

Model waktu / Ruang matriks kerja kelompok yang didukung

Interaksi Manusia Komputer

Asynchronous Distributed Interfaces : Berbeda tempat dan berbeda waktu
  • Email
    - tidak terlalu terstruktur
    - Kadang tidak efektif / overwhelming
    - tidak tetap / sementara
    - Dilengkapi dari berbagai tools seperti filtering , archiving,     milis, discussion group
    - Biasanya terdiri atas text saja, namun bisa juga ditambahkan graphic, sound, animasi,video, link web  sesuai kebutuhan
    - email pada perangkapt mobile
    - direktori online
    - layanan web dengan email
    - membuat email menjadi universal membutuhkan (Anderson et al., 1995) :
       a. Peningkatan penyederhanaan.
       b. Peningkatan pelatihan.
       c. Pemfilteran yang lebih murah.
       d. Hardware berbiaya murah.
       e. Jasa jaringan.
  • Newsgroup, Listservers, Discussion Boards, Conference, Social Media Participation Web Sites, Blogs, Wikis
    - Diskusi elektronik terfokus oleh kelompok.
    - USENET newsgroups
         * Pemakai membaca catatan sebelumnya dan menanggapi.
         * Terbuka bagi umum.
         * Dapat di-search melalui web.
         * Setiap group membahas tentang paling sedikit 1 topik
         * mirip postingan di buletin board
    - List services
    - Online conferences
    - Online magazines dan koran harian
    - Web-logs / blogs dan wikis
  • Online dan networked communities
    a. Memiliki identitas group
    b. Patient Support Group
    c. Memiliki impact ke komunitas offline
    d. Memiliki policies dalam komunitas tersebut dan tentunya kebebasan dalam berpendapat
    e. Namun network communities bisa controversial contohnya komunitas hackers, anti-fan group, para  military groups
    f. Bisa berupa e-learning / kursus yang menawarkan kemudahan pembelajaran jarak jauh
    g. Bisa berupa sebuah bentuk reputasi bagi online stores

Interaksi Manusia Komputer
Blogs
Interaksi Manusia Komputer
Online Magazine
Interaksi Manusia Komputer
ListService
Interaksi Manusia Komputer
Newslatter

Interaksi Manusia Komputer
Usenet
















Synchronous distributed interfaces : Tempat berbeda, waktu sama
Contoh dari Synchronous Distributed interfaces :
  • Group editor: mengedit dokumen bersama. Contoh: GROVE.
  • Shared workspace: menulis atau menggambar bersama (whiteboard), desain bersama, membuat dokumen bersama, mendukung kerja sama tim yang fleksibel. Contoh: TeamRooms, SEPIA.
  • Shared screen: Melihat layar dan mengoperasikan sistem yang sama. Contoh: Timbuktu, PC Anywhere, Windows XP Remote Assistance.
  • Interactive game networks: Bermain game yang sama melalui jaringan. Contoh: StarCraft, WarCraft, Counter Strike.
  • Chat: Diskusi melalui antarmuka teks. Contoh: IRC, ICQ.
  • Video conferencing & teleconferencing: Konferensi real-time dengan kemampuan audio dan video. Contoh: NetMeeting, CU-SeeMe, Polycom DTVC products (dulu PictureTel).
Face - to - face interfaces : Tempat dan waktu sama
Interaksi Manusia Komputer
GDSS Lab Lappeenranta University of Techonology, Finlandia menggunakan GroupSystem
  • Tampilan bersama dari komputer dosen: penggunaan proyektor untuk menayangkan presentasi.
  • Audience response units. Menjawab pertanyaan pilihan ganda dengan piranti khusus pada meja peserta.
  • Text-submission workstations. Bercakap-cakap menggunakan keyboard dan software sederhana.
  • Brainstorming, voting, and ranking. Digunakan pada electronic classroom atau meeting room. Mis. GroupSystems.
  • File sharing. Penggunaan komputer dalam jaringan untuk memakai file secara bersama.
  • Shared workspace. Ruang kerja yang sama yang dapat diakses oleh semua pemakai.
  • Group activities. Para pemakai dapat mengerjakan soal, dan yang butuh bantuan dapat “mengangkat tangan” untuk menampilkan tampilannya pada shared display atau pada tampilan pemimpin.
Sekian untuk pembahasan Session 08 - Collaboration and Social Media Participation ( kolaborasi dan partisipasi sosial media ) dari pelajaran Interaksi Manusia Komputer, saya ucapkan terima kasih untuk para pembaca.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar