Session 06 - Menu Selection, Form Fill-in, and Dialog Boxes | Interaksi Manusia Komputer

Diposting oleh Unknown on Rabu, 20 November 2013

Session 06 - Menu Selection,  Form Fill-in, and Dialog Boxes | Interaksi Manusia Komputer


Introduction

  • Menu cara untuk menyajikan petunjuk yang tersedia bagi pengguna.
  • Bentuk fill-in adalah rata-rata untuk sistem interaktif untuk meminta data atau informasi dari pengguna.
  • Kotak dialog merupakan respon dari sistem interaktif setelah pengguna memberikan instruksi yang membutuhkan parameter, misalnya ketika pengguna mengklik ikon buka.

Task Related Menu Organization
  •  Tujuan utama untuk menu, membentuk fill-in, dan desainer dialog-box adalah untuk menciptakan sebuah organisasi yang masuk akal, mudah dipahami, mudah diingat, dan nyaman relevan dengan tugas pengguna.
  • Ada beberapa jenis menu, seperti menu tunggal, menu urutan linier, menu struktur pohon, cyclic dan menu jaringan cyclic.
Single Menus
  • Binary Menus
    - Mnemonic letter
    - Radio Buttons
    - Button Choice
Interaksi Manusia KomputerInteraksi Manusia KomputerInteraksi Manusia Komputer
  • Multiple - item Menus
  • Multiple - selection menus or check boxes
Interaksi manusia komputer
  • Pull - down, pop-up, and toolbar menus
    - Menu pull-down yang selalu tersedia untuk membuat pilihan pada menu bar atas dan didukung oleh    pintas depan kunci, misalnya Ctrl-C penting untuk menunjang efisiensi pengguna ahli.
    - Toolbar, menu ikonik, dan palet penawaran tindakan pada objek ditampilkan.
    - Menu pop-up muncul pada layar dalam menanggapi cek atau tekan dengan perangkat penunjuk.


Interaksi manusia komputer


  • Menus for long lists
    - Menu scrolling menampilkan bagian pertama dari menu dan item menu tambahan, biasanya anak panah yang mengarah ke set berikutnya item dalam urutan menu.
    - Kotak combo menggabungkan scrolling menu dengan entri teks diajukan.
    - Menu fisheye menampilkan semua item menu pada layar sekaligus, tetapi hanya menampilkan item dekat kursor pada ukuran penuh.
    - Slider : item terdiri dari rentang atau nilai numerik.
    - Slider alpha menggunakan berbagai tinkat granularity dalam menggerakan jempol slider dan karena itu dapat mendukung puluhan atau ratusan ribu item.

         - Menu dua dimensi memberikan gambaran yang baik dari pilihan, mengurangi jumlah tindakan, dan                memungkinkan pemilihan cepat.
interaksi manusia komputer
  • Embedded menus
    merupakan alternatif untuk menu ekplisit. Menu-menu ini memungkinkan pengguna membaca tentang orang, kejadian, dan tempat-tempat untuk mengambil informasi rinci dengan memilih menu konteks.
Combinations of Multiple Menus
  • Linear sequuence menus
    memandu pengguna melalui proses pengambilan keputusan yang kompleks. Efektif untuk pengguna pemula yang melakukan tugas-tugas sederhana.
  • Simultaneous menus
    menyajikan beberapa menu aktif pada waktu yang sama dan memungkinkan pengguna untuk memasukkan pilihan dalam urutan apapun.
  • Tree - structured menus- Dibagi untuk beberapa kategori barang serupa, misalnya File, Edit, View.
    - Cepat diambil.
    - Gunakan terminologi dari domain tugas.
    - Memperluas menu, e.g., Windows Explorer.
  • Peta menu, untuk membantuan pengguna tetap berorientasi dan mengurangi disorientasi pengguna.
  • Acyclic dan cyclic Networks, hubungan sosial, transportasi routing, ilmiah jurnal kutipan.
    - Dapat menyebabkan kebingungan dan disorientasi.
    - Cyclic : dapat kembali ke tingkat atas.
    - Acyclic : satu seleksi dapat dicapai melalui beberapa jalur.

Content Organization
  • Task - related grouping in tree organization- Buat kelompok item serupa logis.
    - Bentuk kelompok yang mencakup semua kemungkinan.
    - Pastikan bahwa item yang tidak tumpang tindih.
    Gunakan istilah yang tidak asing, dan memastikan bahwa item yang berbeda satu sama lain.
  • Item Presentation Sequence
    Basis khas untuk sequencing item : waktu, pemesanan numeric, sifat fisik.
    - Mungkin basis-basis lain : urutan abjad dari istilah, pengelompokan item terkait, paling sering digunakan item pertama, item paling penting pertama.
  • Menu selection guidelines :
    Gunakan semantik tugas untuk mengatur menu.
    - Lebih luas dangal untuk sempit-dalam.
    - Tampilkan posisi dengan grafis, angka, atau judul.
    - Gunakan item sebagai judul untuk sub pohon.
    - Kelompok item bermakna.
    - Urutan item bermakna.
    - Gunakan item singkat, dimulai dengan kata kunci.
    - Gunakan tata bahasa yang konsisten, tata letak, terminologi.
    - Izinkan ketik depan, melompat ke depan, atau cara pintas lainnya.
    - Aktifkan melompat ke menu sebelumnya dan utama.
    - Pertimbangan bantuan online, mekanisme seleksi baru, dan waktu respon yang optimal, tingkat tampilan dan ukuran layar.
  • Menu layout
    - Grapich layout and Design
    - Establish guidelines for consistency of at least these menu compunents :
    1. Titles
    2. Item placement
    3. Intructions
    4. Error messeges
    5. Status reports
    - Techniques

Fast Movement Throught Menus
  • Jalan Pintas Keyboard
    - Mendukung penggunaan ahli.
    - Dapat membuat terjemahan bahasa asing lebih sulit.
    - Bookmark di browser.
    - Pengguna dikonfigurasi toolbar.

Data Entry with Menus : Form Fill-in, Dialog Boxes, and Alternatives.

Form Fill-in
  • Memastikan adanya ketika banyak bidang data harus dimasukkan :
    - lengkap informasi dapat dilihat oleh pengguna,
    - tampilan menyerupai bentuk kertas akrab, dan
    - beberapa instruksi yang diperlukan untuk berbagai jenis entri. 
  • Pengguna harus terbiasa dengan : keyboard, penggunaan tombol TAB atau mouse untuk memindahkan kursor, metode koreksi kesalahan, makna lapangan-label, isi bidang diijinkan, pengunaan tombol ENTER dan / atau RETURN kunci.Form fill-in design guidelines : judul yang bermakna, instruksi komprehensif, pengelompokan logis dan sekuensing bidang, tata letak visual menarik dari bentuk, label lapangan familiar, konsisten terminologi dan singkatan, ruangan terlihat dan bounderies untuk bidang data-entry, gerakan kursor nyaman, koreksi kesalahan untuk karaktek individu dan seluruh bidang, pencegahan kesalahan dimana mungkin, pesan kesalahan untuk nilai-nilai yang tidak dapat diterima, penandaan bidang yang diperlukan, penjelasan pesan untuk bidang, dan penyelesaian sinyal untuk mendukung kontrol pengguna.
Interaksi Manusia Komputer



Format-specific fields
  • Bidang Kode
    - Nomor telepon.
    - Nomor sosial-keamanan.
    - Waktu
    - Tanggal
    - Jumlah dollar (atau mata uang lainnya).
  • Dialog Box
    A. Kombinasi menu dan membentuk teknik fill-in.
    B. Pedoman tata letak internal :
    - Judul yang bermakna, gaya yang konsisten.
    - Top-kiri untuk sequencing kanan bawah.
    - Clusteing dan penekanan.
    - Layout yang konsisten (margin, grid, spasi, garis, kotak).
    - Terminologi yang konsisten, font, kapitalisasi, pembenaran.
    - Tombol standar (OK, cancel).
    - Kesalahan pencegahan dengan manipulasi langsung.
    C. Hubungan eksternal :
    - Penampilan yang halus dan penghilangan.
    - Dibedakan tapi kecil batas.
    - Ukuran yang cukup kecil untuk mengurangi tumpang tindih masalah.
    - Tampilan dekat dengan item yang tepat.
    - Tidak ada tumpang tindih barang yang dibutuhkan.
    - Mudah untuk membuat menghilang.
    - Harus jelas bagaimana untuk menyelesaikan/membatalkan.
Interaksi Manusia Komputer


  • Novel design combining menus and direct manipulation
    - Pie menus
    - Menu control
    - Menandai menu
    - Menu arus
    - Toolglass
Interaksi Manusia Komputer




Sekian pembahasan mengenai Session 6 - Menu Selection,  Form Fill-in, and Dialog Boxes dari pelajaran Interaksi Manusia Komputer

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar