Session 05 - Manipulasi Langsung dan Lingkungan Virtual ( Direct Manipulation and Virtual Encironments ) | Interaksi Manusia Komputer

Diposting oleh Unknown on Selasa, 19 November 2013

Session 05 - Manipulasi Langsung dan Lingkungan Virtual 
( Direct Manipulation and Virtual Encironments )


Pendahuluan :
- Para pengguna antusias melaporkann perasaan positif berikut :
- Penguasaan antarmuka.
- Kompetensi dalam menjalankan tugas.
- Kemudahan dalam belajar sistem awalnya dan dalam asimilasi fitur canggih.
- Keyakinan dalam kapasitas untuk mempertahankan penguasaan atas waktu.
- Kenikmatan dalam menggunakan antarmuka.
- Semangat untuk memaerkan antarmuka untuk pemula.

- Keinginan untuk mengeksplorasi aspek yang lebih kuat.

Contoh dari Direct - Manipulasi System

Command line vs display editor and word processors

  • pelatihan dengan editor layar jauh kurang dari editor baris.
  • Editor baris umumnya lebih fleksibel dan kuat.
  • The advances of WYSIWYG (What You See Is What You Get) word processors :
    - Pengguna melihat halaman penuh dengan teks.
    - Dokumen ini terlihat karena akan muncul bila dicetak.
    - Tindakan kursor terlihat.
    - Gerakan kursor yang alami.
    - Ikon berlabel membuat tindakan yang sering cepat.
    - Segera tampilan hasil dari suatu tindakan.
    - Respon yang cepat dan tampilan.
    - Tindakan mudah reversibel.
    Contoh dari Direct-Manipulation Systems
interaksi manusia komputer

WYSIWYG word processing editor :
Microsoft Word 2007











Technologies that derive from the word processors :
1. Grafis, spreadsheet, dan animasi (dan sejenisnya) yang terintegrasi dalam tubuh dokumen.
2. Perangkat lunak desktop-publishing.
3. Perangkat lunak presentasi lingkungan hypermedia.
4. Peningkatan fasilitas makro.
5. Spell checker dan tesaurus.
6. Grammar checker.

Contoh Dari Direct-Manipulation System
interaksi manusia komputer

Spatial Data Management
( The ArcGis, http://www.esri.com/ )











Video Games
  • Nintendo Wii, Sony PlayStation, dan Microsoft Xbox
  • Bidang tindakan adalah visual dan menarik
  • Perintah adalah tindakan fisik yang hasilnya segera ditampilkan pada layar
  • Tidak ada sintaks untuk mengingat
  • Kebanyakan game terus menerus menampilkan skor
  • Manipulasi langsung di SimSity
  • Dunia maya menjadi kehidupan kedua
  • spora
  • Myst akan diterima
  • DOOM dan Quake kontroversial
Computer-aided design
  •  Compter Aided Design (CAD) menggunakan manipulasi langsung.
  • Memanipulasi obyek yang menarik.
  • Menghasilkan alternatif mudah.
  • Penjelasan dampaknya.
  • Pemecahan dengan analogi masalah dunia nyata.
Office Automation
  • Xeror Star adalah seorang pelopor dengan format canggih.
  • Apple Lisa System
  • Interaksi grafis yang cepat dan berkesinambungan.
  •  Micorsoft Windows adalah keturunan suatu (descendant).

Direct-Manipulation antarmuka yang digunakan dalam berbagai aplikasi, misalnya manajemen dashboard untuk sebuah toko retail
interaksi manusia komputer


Masalah dengan Manipulasi Direct
  • Representasi spasial atau visual yang dpat terlalu menyebar.
  • Diagram alur tingkat tinggi dan database skema dapat menjadi membingungkan.
  • Desain dapat memaksa informasi berharga dari layar.
  • Pengguna harus mempelajari representasi grafis.
  • Representasi visual dapat menyesatkan.
  • Mengetik perintah dengan keyboard bisa lebih cepat.


Prinsip-Prinsip dari Direct Manipulation
  1. Representasi terus menerus dari objek dan tindakan kepentingan dengan metafora visual yang bermakna.
  2. Tindakan fisik atau menekan tombol berlabel, bukan sintaks yang kompleks.
  3. Cepat, incremental, tindakan reversibel yang efeknya pada obyek yang menarik terlihat segera.


Interface - building Tools

Visual Thinking and Icons
  • Sifat visual komputer dapat menantang generasi pertama dari hacker
  • Ikon adalah gambar, gambar, atau simbol yang mewakili konsep
  • Pedoman Icon-spesifik :
    - Mewakili objek atau tindakan dengan cara yang familiar
    - Batasi jumlah ikon yang berbeda
    - Membuat ikon berdiri keluar dari latar belakang
    - Pertimbangkan ikon tiga dimensi
    - Pastikan ikon yang dipilih terlihat dari ikon yang tidak dipilih
    - Desain animasi gerakan
    - Tambahkan informasi rinci
    - Jelajahi kombinasi ikon untuk menciptakan objek atau tindakan baru

3D Interfaces
interaksi manusia komputer
  • "Murni" antarmuka 3D memiliki utilitas yang kuat dalam beberapa konteks, misalnya medis, desain produk. Dalam situasi lain, interaksi lebih dibatasi sebenarnya mungkin lebih baik untuk menyederhakan interaksi.
  • Interface "Peningkatan", lebih baik daripada kenyataan, dapat membantu mengurangi keterbatasan dari dunia nyata, misalnya memberikan pemandangan simultan.
  • Avatar di multiplayer 3-D dunia.
  • First person games


Fitur untuk 3D yang efektif
  • Gunakan oklusi, bayangan, perspektif, dan teknik 3D lainnya dengan hati-hati.
  • Minimalkan jumlah langkah navigasi bagi pengguna untuk menyelesaikan tugas-tugas mereka.
  • Jauhkan teks yang dapat dibaca.
  • Hindari kekacauan yang tidak perlu visual, gangguan, perubahan kontras, dan refleksi.
  • Menyederhanakan gerakan pengguna.
  • Mencegah kesalahan.
  • Menyederhanakan gerakan objek
  • Mengatur kelompok item dalam struktur selaras untuk memungkinkan pencarian visual yang cepat.
  • Memungkinkan pengguna untuk membangun kelompok visual untuk mendukung ingat spasial.


Pedoman untuk memasukkan fitur 3D ditingkatkan :
  • Menyediakan ikhtisar sehingga pengguna dapat melihat gambaran besar.
  • Izinkan teleoperation.
  • Menawarkan visi X-Ray sehingga pengguna dapat melihat ke dalam atau diluar objek.
  • Menyediakan sejarah menjaga.
  • Izin tindakan pengguna yang kaya pada objek.
  • Memungkinkan kolaborasi jarak jauh.
  • Memberikan pengguna kontrol atas teks penjelasan dan menbiarkan pengguna memilih untuk rincian tentang permintaan.
  • Menawarkan alat untuk memilih,  menandai, dan ukuran.
  • Menerapkan query dinamis dengan cepat menyaring barang yang tidak dibutuhkan.
  • Dukungan semantik zooming dan gerakan.
  • Aktifkan landmark untuk menunjukan diri bahkan dari kejauhan.
  • Biarkan beberapa tampilan terkoordinasi.
  • Mengembangkan ikon 3D baru untuk mewakili konsep yang lebih dikenal dan diingat.

Teleoperation 
  • Dua "orang tua" : manipulasi langsung di komputer pribadi dan pengendalian proses dalam lingkungan yang kompleks.
  • Operasi fisik jauh.
  • Faktor dalam arsitektur lingkunan terpencil rumit :
    - Waktu penundaan ada dua macam yaitu penundaan transmisi dan penundaan operasi.
    - Umpan balik lengkap.
    - Umpan balik dari berbagai sumber.
    - Gangguan yang tak terduga.

Virtual and Augmented Reality
  • Virtual reality istirahat keterbatasan fisik ruang dan memungkinkan pengguna untuk bertindak seolah-olah mereka berada di tempat lain.
  • Augmented reality show dunia nyata dengan overlay-overlay tambahan.
  • Kesadaran situasional menampilkan informasi tentang dunia nyata yang mengelilingi Anda dengan melacak gerakan Anda dalam model komputer. 
  • Augmented reality adalah varian penting : 
  • Memungkinkan pengguna untuk melihat dunia nyata dengan overlay interaksi tambahan.
  • Sukses lingkungan virtual tergantung pada kelancaran integrasi :
    - Tampilan visual.
    - Posisi kepala penginderaan.
    - Tangan-posisi penginderaan.
    - Umpan balik kekuatan.
    - Input dan output suara.
    - Sensasi lain.
    - Koperasi dan kompetitif virtual reality.
    interaksi manusia komputer


Sekian pembahasan dari Manipulasi Langsung dan Lingkungan Virtual ( Direct Manipulation and Virtual Encironments ) dari pelajaran Interaksi Manusia Komputer..


Thanks for Read my blog..
:)

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar