Session 01 - Usability of Interactive System | Interaksi Manusia Komputer

Diposting oleh Unknown on Senin, 18 November 2013

Usability of Interactive System

Introduction

          Interaksi Manusia Komputer (Human-Computer Interaction) adalah disiplin berkaitan dengan desain, evaluasi, dan implementasi sistem komputer interaktif untuk digunakan oleh manusia, dan studi tentang fenomena yang terkait dengan itu. (Definisi oleh ACM SIGCHI), dan berfokus pada desain dan evaluasi antarmuka pengguna.
User interface adalah bagian dari sistem komputer interaktif yang memungkinkan manusia untuk berinteraksi dengan komputer.

Contoh :

  • Aplikasi desktop kini memungkinkan komunitas pengguna yang luas untuk mempersiapkan pengguna konten yang dihasilkan bagi jutaan pengguna WWW.
  • Berbasis web jejaring sosial dan aplikasi media sosial adalah accesible melalui miliaran perangkat mobile.
  • User-interface menghasilkan cara-cara baru untuk bekerja, untuk bersaing, untuk berkolaborasi, untuk pertempuran di semua aspek kehidupan.

Usability
Menurut ISO / IEC 9126, Usability adalah seperangkat atribut yang dikenakan pada usaha yang diperlukan untuk digunakan, dan pada penilaian individu penggunaan tersebut, oleh seperangkat dinyatakan atau tersirat dari pengguna.

Attributes dari Usability, yaitu :
  1. Understandability
  2. Learn ability
  3. Operability
  4. Attractiveness


Usability measures ( 5 human factors central to community evaluation) :
               - Time to learn, yaitu waktu untuk belajar
               - Speed of performance, yaitu kecepatan kinerja
               - Retention over time, yaitu retensi dari waktu ke waktu
               - Subjective satisfaction, yaitu kepuasan subyektif

Banyak Interface yang dibuat dengan sederhana dan lebih mementingkan kegunaan dan pengguna nya, seperti beberapa contoh berikut :
a. Mengenai sistem yang menyangkut nyawa
   seperti : - air traffic control (kontrol udara pada pesawat)
                  - police and fire dispatch systems
                  - medical equipment
b. Sistem Industrial dan komersial
   seperti : - Banking (perbankan)
                 - inventory management
                 - billng (tagihan pembayaran pada kasir)

c. Aplikasi kantor, ruma, dan hiburan
   seperti : - email ( pesan elektronik )
                  - system video game
                  - pengetikan pada komputer 
                  - educational packages

d. Eksplorasi, Kreatif, dan Koperasi Sistem
   seperti : - web browsing ( pencarian di internet )
                  - music composition ( komposisi musik )
                  - scientific modeling systems

e. Sistem teknikal sosial


Sekian pembahasan dari Usability of Interactive System dari pelajaran Interaksi Manusia Komputer.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar